10 Bahasa Daerah di Indonesia yang Paling Banyak Penuturnya.

10 Bahasa Daerah di Indonesia yang Paling Banyak Penuturnya

Penulis: Finix

 

            Indonesia adalah negara dengan bahasa daerah yang beragam. Di dalam satu provinsi saja, bahasa daerahnya bisa lima sampai enam bahasa, dan biasanya satu bahasa juga terbagi dalam beberapa dialek. Berhubung Oktober merupakan Bulan Bahasa, jadi tidak ada salahnya jika kita mencari tahu bahasa-bahasa daerah apa saja yang penuturnya paling banyak. Ojeh, langsung saja disimak!

 

1.      Bahasa Jawa

Di urutan pertama ada Bahasa Jawa. Penuturnya diperkirakan mencapai 68,2 juta jiwa. Bahasa ini dipertuturkan di seluruh Pulau Jawa, khususnya di bagian tengah dan timur Pulau Jawa. Di samping itu, bahasa tersebut juga dipertuturkan di daerah-daerah lain seperti Sumatra dan Kalimantan, lantaran banyaknya keturunan Jawa yang merantau dan menetap di luar Pulau jawa.

 

2.      Bahasa Sunda

Selanjutnya ada Bahasa Sunda yang penuturnya sekitar 32,4 juta jiwa. Penutur terbanyak bahasa ini berada di Provinsi Jawa Barat, tetapi di provinsi lain juga ada. Karena seperti jugaketurunan Jawa, orang Sunda pun banyak yang bertransmigrasi ke provinsi lain.

 

3.      Bahasa Madura.

Di urutan ke-3 ada Bahasa Madura. Penuturnya sekitar 7,7 juta jiwa. Penutur terbanyak tentu saja berada di Pulau Madura, Jawa Timur. Akan tetapi, penutur bahasa ini pun tersebar di daerah-daerah lain seluruh Indonesia, terutama di Pulau Kalimantan.

 

4.      Bahasa Betawi.

Bahasa Betawi tentu saja dituturkan oleh orang Betawi. Karena penutur bahasa ini paling banyak berasal dari Jakarta, maka bahasa tersebut dikenal juga dengan dialek atau logat Jakarta. Penuturnya diperkirakan sebanyak 5 juta jiwa.

 

 

 

 

 

5.      Bahasa Bugis.

Sesuai namanya, penutur bahasa ini adalah suku Bugis, dan paling banyak berada di provinsi Sulawesi Selatan. Namun, seperti juga suku-suku lain di atas, keturunan bugis pun banyak yang merantau dan menetap di daerah-daerah lain di tanah air. Maka tak heran jika kita pun dapat menemukan bahasa ini dipakai di daerah-daerah lain seperti Kalimantan Timur. Jumlah penutur bahasa ini sekitar 4,3 juta jiwa.

 

6.      Bahasa Minang.

Bahasa Minang merupakan salah satu rumpun Bahasa Melayu. Bahasa ini dituturkan oleh Urang Minang di provinsi Sumatra Barat,. Akan tetapi ada juga di provinsi-provinsi lain di mana masyarakat Minang itu berada, bahkan sampai ke Negeri Sembilan, Malaysia. Jumlah penutur bahasa ini sekitar 4,2 juta jiwa.

 

7.      Bahasa Banjar.

Berikutnya ada Bahasa Banjar. Bahasa ini adalah Bahasa Ibu Kalimantan Selatan. Jumlah penuturnya kurang lebih 3,6 juta jiwa.

 

8.      Bahasa Aceh.

Bahasa Aceh tentu saja dituturkan olehorang Aceh. Bahasa ini terbagi ke dalam beberapa dialek, dan jumlah penuturnya diperkirakan sekitar 3,5 juta jiwa.

 

9.      Bahasa Bali.

Bahasa Bali banyak dipertuturkan di Pulau Bali, Pulau Lombok bagian barat, dan sedikit di ujung timur Pulau Jawa serta beberapa daerah lain di Indonesia. Penutur bahasa ini diperkirakan mencapai 3,3 juta jiwa.

 

10.  Bahasa Musi.

Penutur Bahasa Musi atau Bahasa Palembang adalah masyarakat Sumatera Selatan, terutama di sepanjang hilir dan hulu Sungai Musi. Bahasa ini juga merupakan bagian dari Bahasa Melayu, dan penuturnya sekitar 3,1 juta jiwa.

 

Nah, Klaravers, itulah 10 bahasa daerah di Indonesia yang penuturnya paling banyak. Apakah bahasamu termasuk di dalamnya?

Komentar

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke situs kami.
Comment dan masukan anda
sangat berguna untuk kemajuan situs kami.
Salam langgammutiara media.